Danau Sembuluh, Kalimantan Tengah

 



Komentar

  1. Danau Sembuluh adalah sebuah danau yang terletak di Kalimantan Tengah, Indonesia. Danau ini terletak di kabupaten Seruyan, sekitar 160 kilometer di sebelah utara ibu kota provinsi, Palangkaraya. Danau ini memiliki luas sekitar 15.000 hektar dan dikelilingi oleh hutan tropis dan lahan gambut. Sejarah Danau Sembuluh di Kalimantan Tengah dapat ditelusuri kembali ke era prasejarah, di mana diyakini bahwa danau ini terbentuk dari aliran alami Sungai Kahayan. Danau ini telah menjadi bagian penting dalam mata pencaharian tradisional masyarakat Dayak yang mendiami wilayah tersebut selama berabad-abad.
    Berdasarkan data citra satelit dari tahun 2014 sampai 2021, Danau Sembuluh tidak terdapat perubahan atau mengalami perubahan yang signifikan pada bentuk, ukuran maupun ukuran danau. Namun pada citra satelit menampakan perubhan pada area hijau atau lahan di sekitar danau dimana pada setiap tahun terjadi perubahan warna vegetasi yang tadinya hijau berubah ke coklat atau sebaliknya.
    Perubahan warna tersebut kemungkinan dipengaruhi karena lahan di daerah tersebut merupakan lahan gambut dimana lahan gambut ini pada saat musim kemarau rawan terbakar, terlihat 2016 dan 2019 terlihat banyak warna coklat disekitar danau dan pada tahun tersebut iklim di Indonesia sedang terjadi El Nino berdasarkan nilai indek Southern Oscillation Index (SOI).

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pulau Rempang, Riwayatmu Kini